Perbedaan dan Fungsi Dari Setiap Jenis Thermal Ribbon

Pemilihan jenis thermal ribbon yang cocok untuk usaha yang anda dirikan merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh terlewatkan. Setiap jenis thermal ribbon memiliki daya tahan dan kualitas sesuai dengan yang anda butuhkan untuk setiap jenis pekerjaan anda.


Thermal Ribbon atau biasa yang disebut dengan pita coding merupakan pita atau film dengan bentuk sangat tipis yang diikatkan pada sebuah gulungan dan mempunyai lapisan hitam khusus pada satu sisinya. Thermal Ribbon ini digunakan sebagai bahan cetak untuk label ataupun kode yang biasanya digunakan oleh mesin cetak coding thermal.

Jenis Thermal Ribbon yang anda pilih nanti juga akan menentukan hasil cetak label atau kodenya. Pastikan agar label atau kode yang anda cetak menghasilkan kualitas yang bagus, mudah untuk dipindai, kualitasnya bisa tahan lama, dan sebagainya.

Thermal ribbon sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu Near Edge dan Flat Head. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai kedua jenis thermal ribbon tersebut :

  • Thermal Ribbon Tipe Near Edge

Jenis Thermal Ribbon ini memiliki karakteristik dapat mencetak kode/label dengan kecepatan tinggi. Jenis Thermal ini biasanya digunakan untuk mesin coding thermal jenis Thermal Transfer Overprinter (TTO). Jenis Thermal Ribbon ini sudah memiliki sertifikasi food grade, jadi sangat aman untuk digunakan pada produk yang dikonsumsi asal pada ambang batas tertentu.

Adapun thermal ribon jenis near grid terdiri dari beberapa jenis, antara lain :

Jenis ribbon ini merupakan perpaduan antara bahan wax dan resin. Wax ribbon resin ini cocok digunakan untuk mesin coding thermal jenis Thermal Transfer Overprinter (TTO). Jenis ribbon ini biasanya digunakan untuk industri makanan seperti kopi, snack, roti, dan lain-lain.

Kelebihan yang dimiliki oleh ribbon jenis ini yaitu tahan terhadap suhu yang cukup tinggi dan paparan kimia. Jenis ribbon ini banyak digunakan untuk mencetak coding date, batch, dan bisa mencetak pada kecepatan yang sangat tinggi dengan kecepatan maksimum yaitu 1000 mm/sec.  Selain itu, mesin ini bisa menangani proses produksi dengan kapasitas yang tinggi namun dengan harga yang ekonomis.

Keunggulan yang dimiliki oleh extra resin ribbon yaitu tahan terhadap goresan dan paparan bahan kimia. Selain itu, ribbon jenis ini diklaim dapat bertahan untuk produk yang menggunakan cold storage.

Extra resin ribbon ini juga dapat menghasilkan cetakan label yang dapat bertahan pada suhu 0°C sampai dengan -80°C. selain itu, ribbon ini memiliki kecepatan maksimum sampai dengan 600 mm/sec.

Pure Resin Ribbon ini dapat bertahan pada suhu penyimpanan jauh diatas Extra Resin Ribbon yaitu -250°C sampai 120°C. selain itu, ribbon ini juga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 5-7 tahun. Karena kelebihannya itu, ribbon ini banyak digunakan pada produk kosmetik dan produk farmasi.

  • Thermal Ribbon Tipe Flat Head

Thermak Ribbon jenis ini biasanya digunakan untuk jenis industri yang memiliki kecepatan produksi mulai dari yang rendah sampai dengan tinggi. Adapun jenis-jenis nya antara lain :

Premium Wax Ribbon dapat mencetak dengan kecepatan cukup tinggi dan tingkat presisi dari cetakan jauh lebih detail dari wax ribbon yang biasa. Jenis ribbon ini juga tahan terhadap gesekan dan goresan yang cukup tinggi. Jadi, walaupun terjadi gesekan pada cetakan, hasil cetaknya tidak akan luntur ataupun pudar. Premium Wax Ribbon ini dipakai untuk industri otomotif, garment, ataupun retail.

Jenis Thermal Ribbon ini merupakan gabungan dari wax dan juga resin. Ribbon jenis ini memiliki keunggulan yaitu dapat mencetak super cepat, tahan terhadap bahan kimia, dapat mencetak label dengan resolusi tinggi, dan dibekali dengan ketahanan scratch resistance.

Jenis Thermal Ribbon ini merupakan tingkatan tertinggi dari jenis thermal ribbon yang lain. Karena Premium Resin Ribbon ini dapat tahan pada suhu ekstrim dan tahan terhadap paparan bahan kimia.

Karakteristik yang dimili oleh ribbon jenis ini tidak dapat diaplikasikan terdahap mesin cetak berkecepatan tinggi dan memiliki down time pre heating yang lebih lama. Biasanya produk ini diterapkan pada industri kosmetik dan farmasi.

Itulah jenis-jenis thermal ribbon yang banyak digunakan pada dunia industri. Setiap jenis thermal ribbon pasti dibekali dengan kelebihan dan fungsi sesuai dengan jenis pekerjaanya. Semoga bermanfaat !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *