7 Pengganti Susu Sapi untuk Membantu Penuhi Nutrisi Harian Anda

======================================================================

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kaca-susu-putih-susu-sapi-minum-1379822/

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi penting, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Sayangnya beberapa orang dewasa harus mencari pengganti susu sapi untuk alasan tertentu. Bisa alasan kesehatan, bosan, atau memang alergi dengan susu sapi.

Ada banyak alasan seseorang enggan minum susu sapi. Meskipun di sisi lain, mereka juga tetap ingin mendapatkan nutrisi seperti minum susu sapi.

Apa Saja Pengganti Susu Sapi yang Memiliki Banyak Manfaat?

Bagi Anda yang ingin diet atau mungkin intoleran laktosa, menghindari susu sapi merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jangan lupa untuk menggantinya dengan produk susu lain yang tidak kalah bermanfaat.

Sebagaimana beberapa rekomendasi produk pengganti susu sapi berikut ini:

1. Susu Kacang Mete

Bagi Anda pecinta kacang mete, bisa mencoba produk olahan susu yang terbilang unik satu ini. Selama ini, mete mungkin identik dengan kudapan yang dicampur dengan cokelat atau makanan lainnya. Ternyata Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk susu bergizi.

Olahan susu kacang mete terbuat dari mete yang dicampurkan dengan air sampai menghasilkan cairan yang kental. Ketika Anda minum susu kacang mete, banyak manfaat penting yang akan bagus untuk tubuh. Sebab olahan susu diperkaya dengan vitamin A, B-12, serta kalsium.

2. Susu Kedelai

Kalau pilihan pengganti susu sapi kedua ini pasti sudah tidak asing lagi dengan Anda bukan? Pasalnya susu kedelai telah dikenal lama oleh masyarakat sebagai pengganti dari susu sapi yang paling digemari. Susu kedelai juga memiliki rasa yang segar sekaligus enak, apalagi ada beberapa varian rasa yang bisa Anda pilih.

Susu kedelai memiliki nutrisi yang hampir serupa dengan olahan susu sapi, sebab mengandung protein tinggi. Jika Anda ingin memperoleh khasiat yang lebih dari susu kedelai, ada baiknya untuk memperhatikan kandungan dari merk susu yang Anda beli.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari susu kedelai juga banyak, mulai dari melancarkan pencernaan sampai dengan melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas.

3. Susu Almond

Susu almond sebagai alternatif pengganti susu sapi untuk mengurangi kalori. Susu almond cocok bagi Anda yang tidak toleran terhadap laktosa, serta yang ingin mengurangi risiko diabetes.

Jenis susu ini lebih kental dikarenakan kandungan lemak tak jenuhnya yang sehat. Kendati demikian, susu ini memiliki sedikit kandungan protein.

4. Susu Beras

Susu beras sebagai pengganti susu sapi juga sudah tidak diragukan lagi. Beberapa anak di Indonesia pasti juga pernah mencoba susu dari beras ini, terutama bagi yang tidak bisa minum susu sapi.

Ternyata susu beras atau biasa disebut sebagai air tajin ini memiliki khasiat yang banyak untuk tubuh. Susu beras cocok sekali bagi Anda yang ingin merasakan minuman dengan rasa lebih netral.

Kandungannya terdiri dari vitamin D dan kalsium yang hampir sama dengan susu sapi. Hanya saja memiliki jumlah protein yang lebih sedikit.

Sederet manfaat dari susu beras antara lain membuat berat badan Anda tetap stabil, mencegah kanker, mengatasi sembelit, bahkan bagus juga diberikan untuk bayi.

5. Susu Kelapa

Daging buah kelapa memang sering dimanfaatkan sebagai bahan memasak. Tetapi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk itu saja. Daging kelapa yang diekstrak atau lebih dikenal sebagai santan ternyata bagus juga dijadikan pengganti susu sapi yang segar.

Tekstur susu lebih kental dengan rasa yang gurih, lembut, sekaligus manis. Santan mampu mencukupi 30 persen dari kebutuhan vitamin D perhari Anda, serta 50 persen vitamin B-12.

Sejumlah manfaat susu kelapa yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah penyakit jantung, memperkuat sistem imun, mengandung antioksidan, menyehatkan kulit dan rambut, serta mampu mencegah anemia.

Sayangnya kandungan kalsium dan proteinnya terbilang sangat sedikit. Hal yang perlu Anda ingat dari santan adalah kandungan lemak jenuhnya yang setara dengan susu sapi. Jadi, pengganti susu sapi ini tidak disarankan bagi Anda yang ingin menghindari lemak jenuh.

6. Susu Oat

Berikutnya produk susu bagi yang bergaya hidup vegan, yaitu susu oat dengan rasa yang tak kalah enak dari pengganti susu sapi lainnya.  

Susu ini dibuat dengan cara merendam gandum yang telah digulung atau dipotong. Lalu disaring menggunakan kain tipis untuk memisahkan susu dari gandumnya. Meskipun tidak memiliki nilai gizi gandum yang utuh, tetapi dalam beberapa produk ada tambahan nutrisi berupa kalium, vitamin A dan D, kalsium, dan zat besi.

Susu oat cocok sekali untuk Anda yang alergi dengan makanan tertentu, sebab produk susu ini bebas dari berbagai alergen yang biasanya ada di beberapa susu lain.

7. Susu Kambing Etawa

Tidak kalah penting ada susu kambing yang sejauh ini dijadikan sebagai primadona untuk menggantikan susu sapi. Pasalnya banyak yang beralih untuk mengonsumsi susu kambing setelah mereka jenuh atau tidak merasakan manfaat sesuai keinginan dari susu sapi.

Susu kambing memiliki rasa yang tak kalah segar dari susu sapi. Bahkan di beberapa negara, susu kambing dijadikan sebagai minuman favorit alih alih susu sapi. Tekstur dari susu lebih kental dan lembut, tentu saja dengan nutrisi melimpah untuk kesehatan.

Ketika mengonsumsi susu kambing, tubuh Anda bisa mencernanya dengan lebih mudah, risiko alergi rendah, serta ada banyak manfaat susu kambing bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh.

Beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari susu kambing antara lain mampu menyehatkan jantung, menambah kekebalan tubuh, membantu melawan virus dan bakteri, mengatasi GERD, serta mengatasi gangguan pernapasan.

Bahkan ibu hamil juga sangat disarankan untuk minum susu kambing, karena kandungan protein dan kalsiumnya yang sangat bagus untuk menunjang perkembangan janin. Bukan hanya itu, Anda juga tetap bisa mengonsumsinya untuk melancarkan air susu.

Bagi Anda yang sedang mencari susu kecerdasan bagi anak, susu kambing juga menjadi solusi yang tepat. Kandungan fosfolipid, B3, serta B2 di dalamnya mampu menunjang perkembangan jaringan saraf. Membuat anak bisa belajar dengan lebih maksimal.

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa otak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat agar bisa berfungsi dengan optimal.

Tetapi ingat, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih produk susu kambing Etawa. Pilih yang sudah pasti aman, tepercaya, dan terbukti berkhasiat.

Untuk mendapatkan segala manfaat penting bagi kesehatan, Anda bisa mulai mengonsumsi susu kambing Etawa bubuk dari Supergoat. Semua manfaat susu kambing Etawa yang telah dijabarkan di atas bisa Anda peroleh dari produk ini.

Jadi, tidak perlu galau lagi dalam memilih susu. Bagi Anda yang ingin tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian tetapi tidak bisa minum susu sapi, beralihlah ke susu kambing Etawa yang telah terbukti khasiatnya.

Salah satu pengganti susu sapi ini benar-benar direkomendasikan karena manfaatnya memang tidak diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *