6 Rahasia Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Saya ingin mengatakan sesuatu yang tentunya pernah terfikirkan oleh kita semua, ketika kita sedang berjalan dan melihat usaha atau bisnis yang dijalankan orang lain, tentu kita pernah berfikir untuk membuka usaha juga bukan?

Namun, yang menjadi halangan bagi kita pada umumnya adalah, tidak tahu bagaimana cara menjadi pengusaha sukses, karena itulah pada artikel ini saya akan membagikan rahasianya, yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis atau usaha kamu.

6 rahasia cara menjadi pengusaha sukses

1. Mengembangkan kemandirian.

2. Bekerja dengan tujuan tertulis.

3. Kembangkan sikap ‘bisa-lakukan’.

4. Pertahankan rasa humor.

5. Pertahankan ‘nasihat Kamu sendiri’.

6. Mulai membuat proposal usaha

  1. KEMBANGKAN KEMANDIRIAN SENDIRI

Melalui memulai dan menjalankan bisnis saya sendiri, saya telah bertemu banyak pengusaha sukses, yang telah mengatasi segala macam tantangan untuk memulai bisnis mereka sendiri yang sukses. Tanpa kecuali, apa yang mereka semua miliki adalah rasa percaya diri yang akut. Mereka percaya sepenuhnya bahwa apa pun kehidupan atau bisnis yang dapat menimpa mereka, mereka memiliki kekuatan untuk mengatasinya, apa pun ini.

Baca juga : Cara buat video animasi pembelajaran online tanpa aplikasi

Mereka juga menerima sepenuhnya bahwa mereka sendiri yang bertanggung jawab atas masa depan mereka sendiri. Ini sangat penting untuk kesuksesan mereka – keyakinan yang tak tergoyahkan bahwa mereka, dan mereka sendiri, yang bertanggung jawab atas hidup mereka. Ya, bisnis mereka dipimpin oleh peristiwa yang seringkali di luar kendali mereka. Tetapi dengan menerima bahwa kesuksesan tidak tergantung pada apa yang terjadi pada Kamu,

tetapi bagaimana Kamu bereaksi terhadap peristiwa ini, Kamu akan mulai menyadari bahwa kesuksesan Kamu pada akhirnya tidak bergantung pada orang lain selain Kamu.

2.BEKERJA DENGAN TUJUAN TERTULIS

Saya berharap saya telah menemukan rahasia ini sebelumnya. Jika saya melakukannya, saya pasti akan terhindar dari banyak sakit hati dan awal yang salah. Karena ketika Kamu menetapkan tujuan tertulis, Kamu berkomitmen untuk mencapai apa pun yang Kamu inginkan, yang bisa berupa apa saja dari sekadar menghabiskan setengah jam sehari untuk meneliti bisnis baru Kamu hingga menetapkan tanggal mulai untuk bisnis baru Kamu.

Pikirkan sejenak betapa memotivasinya untuk menuliskan tanggal Kamu ingin memulai bisnis pertama Kamu. Bayangkan sejenak kekuatan yang mulai bekerja pada tingkat sadar dan tidak sadar, menggerakkan Kamu menuju tujuan ini.

Misalnya, setelah Kamu menetapkan tanggal, Kamu dapat:

-Tulis daftar semua hal yang harus Kamu lakukan sebelum memulai.

– Pecahkan daftar ini menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil yang dapat dicapai. Misalnya, tetapkan tanggal untuk bertemu dengan bankir, pemasok, dan siapa pun yang Kamu perlukan untuk terlibat dalam bisnis Kamu.

– Buat jadwal tertulis untuk hal-hal ini. Tidak ada gunanya mengatakan Kamu akan menyelesaikannya pada tanggal ini dan itu. Kamu perlu bekerja untuk jadwal sehingga Kamu dapat mencapai tujuan Kamu.

– Jika perlu, revisi tanggal awal Kamu. Mungkin Kamu belum memberi diri Kamu skala waktu yang realistis untuk bekerja di dalamnya. Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh pengusaha pemula yang akan meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pendanaan, perjanjian pemasok, dan sebagainya.

Seperti yang Kamu lihat, ketika Kamu menetapkan tujuan tertulis, Kamu akan beralih dari sekadar berpikir atau bermimpi tentang melakukan sesuatu menjadi benar-benar bekerja untuk menetapkan tujuan tertulis. Dan dengan melakukan itu, peluang kesuksesan Kamu di masa depan akan sangat meningkat.

3.KEMBANGKAN SIKAP ‘BISA-MELAKUKAN’

Mirip dengan mengembangkan rasa ketergantungan yang nyata, pengusaha sukses juga memiliki sikap ‘bisa-melakukan’ yang nyata. Kamu tahu tipe orang yang saya maksud. Kamu akan menemukan mereka memimpin kampanye komunitas lokal, menangani masalah secara langsung, dan menolak untuk menerima jawaban ‘tidak’ dari siapa pun. Kamu akan bertemu orang-orang ini ketika Kamu sedang berlibur. Mereka adalah orang-orang yang ketika ada masalah menyelesaikannya dengan cepat tanpa keributan atau penghinaan.

Tidak seperti orang lain, orang yang mampu menjalani hidup mereka dengan keyakinan yang tak tergoyahkan akan kemampuan mereka. Mereka menolak (apa pun keadaannya) untuk diberitahu bahwa apa pun yang akan mereka lakukan adalah tidak mungkin. Bayangkan sejenak bagaimana Wright bersaudara, orang pertama yang menerbangkan pesawat melintasi Atlantik. Bayangkan jika Kamu semua orang dari kamp ‘tidak bisa dilakukan’, berdebat dan meramalkan bahaya yang akan datang. Pria yang lebih rendah tidak akan repot dengan tantangan seperti itu dan beberapa akan mengatakan mereka bodoh dan sembrono. Tetapi pencapaian mereka membawa kekaguman di seluruh dunia, dan pada saat itu mengantarkan pada kenyataan bahwa tidak lama lagi orang-orang biasa dapat melakukan perjalanan dari Amerika ke Eropa dengan pesawat terbang.

Sikap ‘bisa-melakukan’ sangat penting untuk kesuksesan masa depan Kamu sebagai wiraswasta. Jika Kamu hanya dapat mencapai hasil di mana peluang menguntungkan Kamu dan kesuksesan dijamin, Kamu sebaiknya tetap melakukan apa pun yang Kamu lakukan sekarang. Karena terkadang dalam perjalanan ke depan, satu-satunya hal antara Kamu dan kegagalan adalah sikap Kamu. Bukan apa yang terjadi pada Kamu dalam hidup ini, tetapi bagaimana Kamu bereaksi terhadapnya.

Mulailah bekerja untuk menjadi ‘bisa-lakukan’ segera. Berhati-hatilah agar tidak mendengarkan banjir orang yang akan memberi tahu Kamu apa pun yang akan Kamu lakukan tidak akan berhasil. Percaya pada diri sendiri dan bekerja untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan pribadi.

4.MEMPERTAHANKAN RASA HUMOR

Saya ingin memberi tahu Kamu bahwa saya telah menertawakan setiap kekurangan dan kegagalan saya, tetapi saya tidak akan berbohong kepada Kamu. Sebagian besar hidup saya, saya telah mengambil hal-hal yang terlalu serius, dan hanya ketika bisnis saya mulai melihat cahaya kesuksesan yang redup dan berkedip di kejauhan, saya akhirnya dapat mulai memahami pentingnya bisa tertawa. Khususnya pada diri kita sendiri. Hari ini saya menjadi lebih baik dalam hal itu, tetapi saya sangat percaya bahwa jika saya telah menyadari sebelumnya dalam karir wiraswasta saya bahwa mampu menertawakan diri sendiri sama pentingnya dengan membayar sewa atau hipotek, saya yakin saya akan mencapai lebih banyak. dan jauh lebih cepat.

Kamu benar-benar harus bersedia melihat sisi lucu dalam setiap bencana. Saya tidak menyarankan Kamu mengadopsi sikap ‘tidak peduli’. Jauh dari itu. Tidak ada yang lucu tentang kehilangan pendapatan Kamu untuk apa yang berpotensi menjadi akhir pekan tersibuk tahun ini. Tapi itu jauh lebih buruk, tidakkah Kamu setuju, kehilangan hasil dan sepenuhnya sengsara dan marah?

5.SIMPAN NASIHAT BAGI DIRI KAMU SENDIRI

Saya tidak akan pernah berhenti menekankan yang satu ini. Jika Kamu adalah tipe orang yang harus menceritakan semua rencana bisnis Kamu yang akan datang, maka selamatkan diri Kamu dari penderitaan di masa depan dan putuskan sekarang untuk tidak memulai bisnis Kamu sendiri. Berbagi rencana Kamu dengan orang lain benar-benar merupakan bencana.

Biarkan saya memberi Kamu contoh tentang ini melalui sesuatu yang terjadi pada saya beberapa waktu lalu.

Ketika saya memutuskan bahwa saya sudah cukup bekerja untuk orang lain untuk mencari nafkah, saya sudah memikirkan banyak hal tentang jenis bisnis apa yang akan saya mulai dan jalankan. Saya telah bekerja melalui angka-angka, melakukan banyak penelitian, dan benar-benar menemukan bisnis yang mudah untuk didirikan dan dijalankan, dan yang lebih penting, sudah menghasilkan uang untuk orang lain.

Saya percaya sepenuhnya pada ide bisnis ini. Sebenarnya, itu lebih dari sekadar ide bisnis karena orang lain jelas sudah melakukannya dengan baik dengan bisnis yang sama ini. Yang harus saya lakukan adalah meniru ide mereka. Tidak ada yang salah dengan itu. Karena bisnis mereka bahkan tidak ada di wilayah kami, saya tidak akan bersaing dengan mereka. Jadi saya percaya bahwa saya memiliki ide yang menang.

Kemudian suatu malam saya keluar untuk makan malam dengan beberapa teman dan kerabat, tidak ada yang bos mereka sendiri. Pada saat itu mereka semua memiliki karir yang sukses dan senang bekerja untuk orang lain. Selama makan malam, saya berbagi ide dengan pertemuan yang, harus dikatakan, sebagian besar merasa ngeri dengan rencana saya. Kemudian, setelah makan, ketika kami sedang duduk di lobi hotel sambil memoles sebotol anggur, saya kemudian membuat kesalahan lebih lanjut (fatal) dengan mencoba membenarkan ide bisnis saya ke grup.

Saya dibanjiri dengan ‘Bagaimana jika’ dan segala macam nasihat yang bermaksud baik. Jadi, dalam minggu-minggu berikutnya saya mengubah rencana bisnis saya untuk menerima semua nasihat yang bermaksud baik yang telah diberikan kepada saya.

Ketika saya mendiskusikan rencana saya beberapa waktu kemudian dengan orang yang sudah sukses yang memulai bisnis serupa, mereka menyarankan saya untuk menentang rencana baru saya dan mengatakan kepada saya bahwa saya harus tetap dengan ide asli saya. Hal ini menyebabkan saya lebih banyak kebingungan dan patah hati.

Akhirnya saya membuat keputusan untuk mengikuti ide bisnis saya yang telah direvisi, dengan demikian mengabaikan nasihat pengusaha sukses ini. Enam bulan kemudian, bisnis baru saya runtuh (dan melihat ke belakang, saya benar-benar terkejut bahwa itu bertahan selama itu).

Jadi, inilah pelajarannya, pembaca yang budiman – simpan nasihat Kamu sendiri. Segera setelah Kamu memilih untuk memberi tahu seseorang bahwa Kamu berpikir untuk memulai bisnis Kamu sendiri, Kamu akan dibombardir dengan saran yang gratis, bermaksud baik, dan sama sekali tidak berguna. Jadi dengan keinginan terbaik, simpan ide Kamu untuk diri sendiri.

Satu-satunya orang yang harus Kamu diskusikan atau dapatkan saran ketika Kamu memulai bisnis Kamu sendiri adalah mereka yang sudah menjalankan bisnis mereka sendiri yang sukses. Tidak ada yang lain. Jika Kamu masih memiliki masalah dengan konsep ini, izinkan saya mengajukan pertanyaan. Pernahkah Kamu ke pesta di mana Kamu bertemu dengan seorang profesional seperti dokter, arsitek, insinyur, dokter gigi, atau sejenisnya yang meminta saran Kamu tentang bagaimana mereka harus memperlakukan pasien mereka, merancang bangunan mereka, atau membuat mesin mereka?

Tentu saja tidak. Dan hal yang sama berlaku untuk pengusaha. Tidak seorang pun kecuali Kamu yang benar-benar memenuhi syarat untuk memahami apa yang terlibat dalam memulai bisnis Kamu, apalagi cukup memenuhi syarat untuk menawarkan nasihat.

6.MULAI MEMBUAT PROPOSAL USAHA

Banyak orang yang memulai sebuah usaha tanpa persiapa yang matang, dan apa yang mereka dapatkan? Keberhasilan? Tentu tidak, hasil dari persiapa sebuah usaha yang tidak dipersiapkan dengan baik adalah kegagalan. Maka dari itu penting untuk membuat proposal usaha agar kamu bisa mengerti bagaimana usaha kamu akan berjalan.

Lalu apa itu proposal usaha ?

Proposal usaha adalah hal yang sangat penting untuk dibuat oleh seseorang yang hendak memulai usaha baru karena proposal usaha berisikan tentang dokumen tertulis yang memiliki hubungan dengan usaha atau bisnis baru yang ingin kamu usulkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proposal usaha, silahkan kunjungi tuturilmu

Bagaimana? Apakah kamu sudah mengerti poin dari artikel yang baru saja kamu baca? Apakah kamu sudah mendapatkan ide untuk memulai usaha yang hendak kamu jalani? Tidak ada salahnya untuk mencoba memulai, daripada hanya berdiam diri dan melihat orang lain sudah sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *